Rabu, 01 Mei 2013

PRAMUKA PENEGAK DAN PANDEGA


PRAMUKA PENEGAK DAN PANDEGA
a.    Pramuka Penegak
Pramuka penegak ialah anggota gerakan Pramuka yang sudah memasuki jenjang umur 16 sampai 20 tahun[1]. Sedangkan Ambalan merupakan kelompok besar dalam Pramuka Penegak. Nama Ambalan biasanya diambil dari sejumlah nama pahlawan atau ulama[2]. Misal,
Ambalan Sunan Gunung Djati (SGD), Pakungwati (PKW), Ambalan Dipenogoro, dst.
Dalam Ambalan terdapat organisasi yang bernama DKA (Dewan Kerja Ambalan), yang mana organisasi ini menampung aspirasi penegak. Cara musyawarah untuk mengambil mufakat merupakan cara kerja DKA ini[3]. Ada beberapa tingkatan dalam penegak ini, yaitu[4] ;
-          Penegak Bantara ; harus memenuhi SKU Penegak Bantara serta dilantik oleh Pembinanya.
-          Pengak Laksana ; harus memenuhi SKU Penegak Laksana serta dilantik oleh Pembinanya.
-          Adapun seorang yang belum masuk menjadi anggota Penegak Bantara hendaklah melewati beberapa tahapan, yakni :
1.      Sebagai tamu Ambalan
2.      Masa percobaan (sejak menjadi tamu Ambalan wajib mengikuti latihan)
3.      Calon Penegak
Adapun pertemuan pramuka penegak yang sering kita kenal ialah sbb[5] :
1.      PW (Perkemahan Wirakarya) ; merupakan pertemuan Pramuka yang diselenggarakan oleh Penegak dan Pandega dari berbagai satuan (Ambalan, Racana, dan Satuan Karya). PW ini diselenggarakan oleh Dewan Kerja Penegak Pandega Nasional bersama Kwartir Nasional diikuti para Penegak utusan Kwartir daerah. Contoh kegiatan PW ialah PW-PTAIN.
2.      Raimuna ; bentuk Raimuna adalah perkemahan untuk membina jiwa Pramuka Penegak/Pandega yang bersifat kreatif dan produktif yang mengandung unsur edukatif. Adapun contohnya ialah, Rainas (Raimuna Nasional), Raida (Raimuna Daerah), dst.
3.      Musppanitra ; merupakan dialog musyawarah Penegak/Pandega putra maupun putri membahas permasalahan organisasi, prgram kerja, anggaran dan lainnya. Adapun jenjang penyelenggaraan Musppanitra ialah Musppanitra Nasional, Musppanitra Daerah, Musppanitra Cabang.
4.      Pesta Karya ; merupakan pertemuan spesifik yang dihadiri Penegak/Pandega anggota Saka (Satuan Karya).  Contohnya ; Pesta Karya Taruna Bumi, Pesta Karya Bhayangkara, dll.
Adapun Kode Kehormatan untuk Pramuka Penegak terdiri atas Satya (janji) dan Ketentuan Moral (Dharma). Yang dikenal dengan istilah Tri Satya dan Dasa Dharma.

b.   Pramuka Pandega
Pandega adalah golongan Pramuka setelah Penegak. Anggota Pramuka yang termasuk dalam golongan ini adalah yang berusia dari 18 tahun sampai dengan 22 tahun. Pramuka Pandega memiliki jenis kegiatan yang sama dan dilakukan bersama-sama dengan Pramuka Penegak. Pembinaan Pramuka Pandega dilakukan mulai dari tingkat Gugusdepan dalam satuan yang disebut Racana, dan di tingkat Kwartir dapat mengikuti Satuan Karya dan Dewan Kerja[6].
Pramuka Pandega dihimpun di gugusdepan dalam satuan yang disebut Racana. Racana dikelola oleh Dewan Racana yang terdiri dari anggota racana yang telah dilantik menjadi Pandega. Racana ini dipimpin oleh seorang Ketua, seorang Sekretaris, seorang bendahara, dan seorang Pemangku Adat. Jika racana memerlukan racana dapat membentuk satuan terkecil yaitu reka. Racana dapat dinamai sesuai aspirasi anggota dengan nama yang mencerminkan karakter racana. Di tingkat Kwartir, Pramuka Pandega dapat bergabung dalam wadah pembinaan Satuan Karya dan Dewan Kerja[7].
Adapun pertemuan dan kegiatan Pramuka Pandega sama halnya dengan Pramuka Penegak, diantaranya ialah :
1.          Perkemahan Wirakarya
2.          Raimuna
3.          Latihan ketrampilan kepramukaan
4.          Musyawarah (di Dewan Kerja maupun di Racana)
5.          Asah Nalar
6.          Gladian Pimpinan Satuan(DIANPINSAT)
7.          Perkemahan Bhakti (sama dengan Perkemahan Wirakarya tetapi merupakan acara Satuan Karya)


[1] Wikipedia, Pramuka Penegak, terbaca dalam http://id.wikipedia.org. Diakses pada Rabu, 24 April 2013, pkl 11:11 WIB.
[2] Riyanto Lukys dkk, Pegangan Lengkap Gerakan Pramuka. (Terbit Terang : Surabaya, T.T), hlm. 48.
[3] Ibid,.
[4] Ibid., hlm. 59.
[5] Ibid., hlm. 54.
[6] Wikipedia, Pramuka Pandega, terbaca dalam http://id.wikipedia.org. Diakses pada Rabu, 24 April 2013, pkl. 11:08 WIB.


[7] Ibid,.

0 komentar:

Poskan Komentar