NASKAH TARKIIBAN (TINJAUAN ANALISIS FILOLOGI)
NASKAH TARKIIBAN (TINJAUAN ANALISIS FILOLOGI)
Oleh : Abdul Aziz, Siti Fatimah, Anbar Sujatnika, M. Abdul Aziz
1. Pengantar Masalah
Dewasa ini,
banyak fenomena-fenomena kehidupan yang mengarahkan seseorang untuk meneliti
lebih lanjut mengenai kebudayaan. Dengan kata lain, kebudayaan pada hakikatnya
mempunyai pengaruh besar terhadap gejala-gejala sosial yang terjadi di sekitar
kita. Dalam setiap persoalan, kebudayaan seringkali
ditinjau secara khusus demi
tercapainya suatu kesimpulan atau solusi. Tak jarang pula kebudayaan dinyatakan
sebagai latar belakang ataupun objek dari persoalan tersebut.
Kebudayaan merupakan cerminan dari suatu bangsa. Segala
gagasan, pemikiran, serta ide-ide kebudayaan tersebut terangkum melalui adat
istiadat, kepercayaan, keilmuan, serta bahasa bangsa tersebut.
Filologi
berusaha mengungkapkan hasil budaya suatu bangsa melalui kajian bahasa dari
peninggalan dalam bentuk tulisan yang tertuang dalam naskah-naskah.
Naskah merupakan hasil tulisan tangan yang menyimpan
berbagai ungkapan pikiran dan perasaan sebagai hasil budaya bangsa masa lampau
(Baried, 1985: 54). Naskah merupakan semua bahan tulisan tangan peninggalan
nenek moyang kita pada kertas, lontar, kulit kayu, dan rotan (Djamaris,
2002:3). Diantara naskah-naskah tersebut terdapat naskah Tarkiiban yang
merupakan objek kajian penelitian ini.
Naskah
Tarkiiban yang diperoleh dari pondok pesantren Miftahul Anwar cukup menarik
untuk diteliti. Naskah ini merupakan catatan dari penulisnya, yakni K.H. Muhtar
bin H. Syadzili. Di dalamnya terdapat tulisan-tulisan mengenai
berbagai bidang keilmuan. Naskah ini di pandang perlu untuk di lakukan analisis
filologi terhadapnya.
Proses awal yang akan disajikan adalah
identifikasi naskah yang bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai naskah
ini. Setelah itu, akan dilakukan proses penyuntingan dengan mengacu pada
beberapa keilmuan kebahasaan seperti Nahwu dan Sharaf. Dilanjutkan dengan transliterasi
mengingat naskah ini dalam bahasa Arab. Kemudian proses penerjemahan sekaligus
kajian isi naskah, sehingga naskah Tarkiiban ini bisa dipahami oleh berbagai
kalangan.
2. Deskripsi Naskah
a. Judul : Tarkiiban
b. Tempat
penyimpanan : Pondok Pesantren Miftahul Anwar, Tasikmalaya
c. Asal naskah :Pondok Pesantren Miftahul Anwar Cikembang, Desa Mekarjaya,
Kecamatan Padakembang, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia
d. Keadaan naskah :
Pada umumnya naskah cukup jelas dan dapat dibaca dengan baik, namun beberapa
lembar terlepas dari bundelnya, serta ada beberapa bagian yang dimakan
serangga, sehingga sulit dibaca secara keseluruhan.
e. Ukuran naskah : 33,5 cm X 20,5 cm
f. Penomoran
Halaman : Tidak ada penomoran
halaman
g. Jenis aksara : Bahasa Arab dan pegon dengan menggunakan tinta hitam, biru, dan merah,
juga pensil.
h. Bahan
naskah : Kertas cetak dalam negeri
i. Umur naskah : Tidak diketahui
j. Umur teks : Diperkirakan sekitar 80 tahun, berdasarkan salah satu catatan
yang menyatakan ditulis pada tahun 1934 M.
k. Nama
Penulis : K.H. Muhtar bin H. Syadzili
l. Garis besar isi :
Naskah ini disajikan dalam bentuk kalimat narasi dan Nadzaman. Dibagi ke dalam
delapan pembahasan yang meliputi:
a. Ilmu Mantiq “Sulamul
munawaraq” ; 6 halaman
lebih
b.
Ilmu Balaghah “Matnu as-samarqondi”; 2 halaman
c. Ilmu Tajwiid “Nihayah
Qoulul Mufiid”; 3 halaman
d.
Ilmu Farooidl ; 6 halaman lebih +
keterangan l halaman
e.
Ilmu Tajwiid “Tuhfatul
athfal” ; 6 halaman lebih
f.
Kumpulan do’a ; 3 halaman
lebih
g.
Ushul fiqh ; 2 halaman
h.
Qosidah al burdah ; 12 halaman.
3. Edisi Teks
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
الحَمْدُ لِلّهِ رَبِّ
الْعَالَمِيْنَ وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الْمُرْسَلِيْنَ سَيُّدنَا
مُحَمَّدٍ وَعَلَى أَلِهِ[1]
وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ[2],
أَمَّا[3]
بَعْدُ. فَهَذِهِ[4]
الرِّسَالَةُ[5]
فِى بَيَانِ عِلْمِ التَّجْوِيْدِ لِصَلَاحِيَّةِ قِرَاءَةِ[6]
الْقُرْآنِ[7]
الْمَجِيْدِ, نُقِلَتْ مِنْ بَعْضِ كُتُبِ الْعُلَمَاءِ الْجَامِعَةِ لِلْمُحَامِدِ
يَعْنِى مِنْ كِتَابِ نِهَايَةِ قَوْلِ الْمُفِيْدِ "مَنْظُوْمَةٌ[8]
بِبَحْرِ الرَّجَجِ" فَصْلٌ فِى بَيَاتِ تَوْزِيْعِ الصِّفَاتِ عَلَى مَوْصُوْفَاتِهَا
مُرَتَّبَةً عَلَى تَرْتِيْبِ مَخَارِجِهَا وَفِى ذِكْرِمَا يَتَعَلَّقُ بِكُلِّ حَرْفٍ
مِنَ التَّجْوِيْدِ مَنْظُوْمَةٌ بِبَحْرِ الرَّجَجِ.
لِلْهَمْزِ جَهْرٌ وَاسْتِفَالٌ ثَبَّتَا ≠ فَتْحٌ وَشِدَّةٌ وَصُمْتٌ يَا فَتَى
لِلْغَيْنِ الْاِسْتِعْلَا
وَصُمْتٌ اِنْفَتَحْ ≠ وَرَخْوَةٌ كَذَاكَ جَهْرٌ قَدْ وَضَحْ
لِلسِّينِ رَخْوٌ ثُمَّ صُمْتٌ سَفَلَتْ ≠
هَمْسٌ صَغِيْرٌ يَا فَتَى وَانْفَتَحَتْ
لِلْفَاءِ فَتْحٌ اِسْتِفَالٌ قَدْ
رُسِمْ ≠ رَخْوٌ وَذَلْقٌ ثُمَّ هَمْسٌ قَدْ وُسِمْ
لِلْبَاءِ فَتْحٌ شِدَّةٌ تَسَفَّلَ ≠
ذِلَاقَةٌ جَهْرٌ كَذَا تَقَلْقَلَ
4. Aparat Kritik
No
|
Tertulis
|
Edisi
|
1
|
اَلِهِ
|
أَلِهِ
|
2
|
اَجْمَعِيْنَ
|
أَجْمَعِيْنَ
|
3
|
اَمَّا
|
أَمَّا
|
4
|
فَهَدِهِ
|
فَهَذِهِ
|
5
|
الرِّسَالَهُ
|
الرِّسَالَةُ
|
6
|
قِرَائَةِ
|
قِرَاءَةِ
|
7
|
الْقُرْاَنِ
|
الْقُرْآنِ
|
8
|
مَتْظُوْمَةٌ
|
مَنْظُوْمَةٌ
|
9
|
اِصْمَاتٌ
|
إِصْمَاتٌ
|
10
|
اِسْتِفَالٌ
|
إِسْتِفَالٌ
|
11
|
اَتَى
|
أَتَى
|
12
|
أِعْلَمَا
|
إِعْلَمَا
|
13
|
أِفْهَمَا
|
إِفْهَمَا
|
14
|
اشْتِرَاكُ
|
اشْتِرَاكٌ
|
15
|
اِدْرَاكُ
|
اِدْرَاكٌ
|
16
|
اَتَى
|
أَتَى
|
17
|
أِصْمَاتُ
|
إِصْمَاتُ
|
18
|
أِصْمَاتٌ
|
إِصْمَاتٌ
|
19
|
اَتَى
|
أَتَى
|
20
|
صُمْتُ
|
صُمْتٌ
|
21
|
انْفِتَاحٌ
|
اِنْفِتَاحٌ
|
22
|
مَعْ
|
مَعَ
|
23
|
مَعْ
|
مَعَ
|
24
|
أِصْمَاتٌ
|
إِصْمَاتٌ
|
25
|
أِصْمَاتٌ
|
إِصْمَاتٌ
|
26
|
اِطَالَةٌ
|
إِطَالَةٌ
|
27
|
وَاِطْبَاقٌ
|
وَإِطْبَاقٌ
|
28
|
مَعُ
|
مَعَ
|
29
|
مَعْ
|
مَعَ
|
30
|
وَاِسْتِفَالٌ
|
وَاسْتِفَالٌ
|
31
|
لِلطَّا
|
لِلطَّاءِ
|
32
|
لِلدَّاْلِ
|
لِلدَّالِ
|
33
|
أِصْمَاتٌ
|
إِصْمَاتٌ
|
34
|
صُمْتُ
|
صُمْتٌ
|
35
|
أِطْبَقَا
|
إِطْبَقَا
|
36
|
لِلزَّاىِ
|
لِلزَّايِ
|
37
|
مَعْ
|
مَعَ
|
38
|
أِصْمَاتٌ
|
إِطْبَاقٍ
|
39
|
مَعْ
|
مَعَ
|
40
|
أِصْمَاتٌ
|
إِصْمَاتٌ
|
41
|
اَتَى
|
أَتَى
|
42
|
أِصْمَاتٍ
|
إِصْمَاتٍ
|
43
|
مَعْ
|
مَعَ
|
44
|
اِذْلَاقٌ
|
إِذْلَاقٌ
|
45
|
كَتْبَهُ
|
كَتَبَهُ
|
46
|
اَيَّامِ
|
أَيَّامٍ
|
5.
Alih Aksara (Tansliterasi)
Transliterasi ini mengacu pada pedoman transliterasi hasil keputusan bersama Menteri Agama dan Mendikbud No. 158
Tahun 1987 – No. 0543 b/n/ 1987. Tertuang pada Mushaf An-Nahdian terbitan
Maret 2014 yang berada di bawah
pengawasan pimpinan pusat
Jam’iyyatul Qura’ Nahdlotul Ulama.
Bismillāhir rahmānir rahīm
Alḥamdu lillāhi rabbil ʿālamīn
waṣ ṣalātu ‘alā asyrafil anbiyā'i walmursalīn wa ‘alā ālihī wa ṣahbihī ajma’īn,
ammā ba’du. Fahāżihīr risālatu fī bayāni ‘ilmit tajwīdi liṣalāhiyyati qirā'til
qur'ānil majīd, nuqilat min ba’ḍi kutibal ‘ulamā'il jāmi’ati lilmuḥāmidi ya’nī
min kitābi nihāyati qaulil mufīdi “manẓūmatu bibaḥrir rajji” faslun fī bayāti
tauzī’iṣ ṣifāti ‘alā mauṣūfātihā murattabatan ‘alā tartībi makḥārijihā wa fī
żikrimā yata’allaqu bikulli ḥarfin minat tajwīdi manẓūmati bibaḥrir rijji.
Lilhamzi jahrin wastifālun
ṣabbatā ≠ fatḥun
wasyiddatun waṣmtun yā fatā
lillihā'il istifālu ma’a
fatḥin każā ≠ hamsun
warakhwun ṡumma iṣmātun khużā
lil’aini jahrun ṡumma wasṭun
ḥashalā ≠ fatḥun iṣtifālun ṡumma
ṣumtun nuqilā
lilḥā'i shumtun rakhwatun
wa hamsun atā ≠ walinfitāhul istifālu
yā fatā
lilgainil isti’lā wa
sumtun infataḥ ≠ wa
rakhwatun każāka jahrun qad waḍah
lilkhā'il isti’lā wa fatḥun
I’lmā ≠ rakhwun wa ṣumtun
ṡumma hamsun ifhamā
wa aḥrufil maddi
lahsytirākun ≠ fī
khamsi auṣāfin lahā idrākun
rakhwatun jahrun wa fatḥun
qad atā ≠ iṣmātu kullun was
tifālun ṡabbatā
lilqāfi iṣmātun wa jahrun
qalqalā ≠ wasyiddatun
fatḥun wa ‘ulwun fa’qilā
lilkāfi ṣumtun syiddatun
hamsun atā ≠ wal infitāḥul
istifālu yā fatā
liljīmi jahrun
syiddatunwaqalqalah ≠ ṣumtun
infitāḥun wastifālun faṣgi lah
lissyīni hamsun ma’a tafassyī
mustafil ≠ ṣumtun wa rakhwun ṡumma
fatḥun qad nuqil
lilyā'il istifaālu ma’a
fathin każā ≠ jahrun
wa rakhwun ṡumma iṣmātun khużā
liḍḍādi iṣmātun ma’asti’lā
jahar ≠ iṭālatun
rakhwun wa iṭbāqun syahrun
lillāmil istifālu ma’a wasṭin
fataḥ ≠ jahrun wal inḥirāfu
ważżulqu waḍah
linnūnil istifālu ma’a
jahri ‘urif ≠ wasṭun
wal infitāḥu waḍḍalqu wuṣifa
lirrā'i żalqun wan ḥirāfun
kurrirat ≠ fatḥun wa
jahrun wastifālun wasaṭat
liṭā'in ṭibāqun jahrun
isti’lā wara' ≠ qalqalatun ṣumtun wasyiddatun ta’ad
liddāli iṣmātun wajahrun
qalqalah ≠wasyiddatun fatḥun
wasaflun fa’qilah
littā'i syiddatun każāka
hamsun ≠ ṣumtun
fitāhun wastifālun khumsun
liṣṣādi isti’lā wa hamsun
iṭbāqā ≠ rakhwun ṣagīrun
ṡumma ṣumtun haqqaqā
lissīni rakhwun ṣumma ṣumtun
safalat ≠ hamsun ṣagīrun yā
fatā wan fataḥat
lizzāyi jahrun ma’a ṣagīrin
mustapil ≠ ṣumtun wa
rakhwun ṡumma fatḥun qad nuqil
liẓā'i ṣumtun ma’a iṭbāqin
‘urif ≠ ‘ulwun wa
jahrun ṡumma rakhwun qad wusif
liżālil istifālu ma’a
jahrin każā ≠ fatḥun wa
rakhwun ṡumma iṣmātun khużā
liṡā'i hamsun wanfitāhun
qad atā ≠ rakhawatun ṣumtun
istifālun yā fatā
lilfā'i fathun istifālun
qad rusim ≠ rakhwun
wa żalqun ṡumma hamsun qad wusim
lilwāwi jahrun ma’a iṣmātin
safal ≠ fatḥun wa
rakhwun ṡumma līnun qad ḥaṣal
lilbā'i fathun syiddatun
tasaffala ≠ żilāqatun
jahrun każā taqalqala
lilmīmil istifālu ma’a
jahrin każā ≠ wasṭun
wa fatḥun ṡumma iżlāqun khużā
wa qad tamamtu lihażān niẓāmi
≠ katabahu yaums
sabti min ayyāmin
6. Analisis Kandungan
Teks
Secara
garis besar naskah ini merupakan naskah yang menjelaskan suatu disiplin ilmu,
yaitu ilmu tajwid, dengan kegunaan untuk memperbaiki dan memperindah bacaan
al-Qur’an. Naskah
yang ditulis dengan tulisan tangan ini diambil dari beberapa kitab-kitab para
ulama yang terkumupul dalam kitab “Nihayatu
Qaulil Mufied”. Naskah ini ditulis berbentuk nadzom yang memiliki bahr,
adapun bahr yang digunakan ialah bahr “Rojaz”.
Lebih tepatnya naskah ini menjelaskan
bab klasifikasi sifat-sifat huruf yang disusun
berurutan sesuai
tempat keluarnya bunyi huruf tersebut. Naskah tersebut ditulis dengan 30 bait.
Adapun penjelasan tiap baitnya ialah sebagai berikut :
1. Huruf Hamzah itu berupa Jahr, Istifal
tetapkanlah # Juga Infitah. Syiddah, Ishmat perhatikanlah!
2. Huruf Ha’ shifatnya Istifal,
Infitah # Hams, Rokhwah, juga Ishmat
3. Bagi ‘Ain shifatnya jahr,
tawassuth, infitah, Istifal, dan Ishmat
4. Huruf kha memiliki sifat Ishmat,
Rokhwah, Hams, Infitah. Istifal
5. Huruf Ghain memiliki sifat Istifal shifatnya
jahr, , infitah, dan Ishmat
6. Huruf Kho’ shifatnya Hams, infitah,
Istifal, dan Ishmat
7. Huruf mad itu memiliki lima
sifat, yaitu rokhwah, jahr, infitah,
Ishmat, dan Istifal
8. Huruf Qaf shifatnya jahr, infitah,
Qalqalah, Ishmat, Syiddah, Isti’la
9. Huruf Kaf shifatnya Ishmat,
Syiddah, Hams, Infitah, Istifal
10. Huruf Jim sifatnya Jahr, Syiddah,
Qolqolah, Ishmat, Infitah, dan Istifal
11. Huruf Syin sifatnya Hams, Tafassyi,
Istifal, Ishmat, Rokhwah, dan Infitah
12. Huruf Ya’ sifatnya Istifal,
Infitah, Jahr, Rokhwah, dan Ishmat
13. Huruf Dlaadl sifarnya IShmat,
Isti’la’, jahr, Ithbaq, Itholah, Rokhwah
14. Huruf Lam sifatnya Istifal,
Tawassuth, Infitah, Jahr, Inhiraf, Dzulq
15. Huruf Nuun sifatnya Istifal, Jahr,
Tawassuth, Infitah, Dzulq
16. Huruf Ro’ sifatnya Dzulq, Inhiraf,
Infitah, Jahr, Istifal, dan Tawassuth
17. Huruf Tho’ sifatnya Intibaq, jahr,
Qolqolah,Isti’la, Syiddah, Ishmat, dan
Istifal
18. Huruf Dal sifatnya Ishmat, Jahr,
Qolqolah, Infitah, Istifal
19. Huruf ta’ sifatnya Syiddah, Hams,
Ishmat, Infitah, Istifal
20. Huruf Shaad sifatnya Isti’la’,
Hams. Ithbaq, Rokhwah Shofiir, dan Ishmat
21. Huruf Siin sifatnya Ishmat,
Rokhwah, Hams, Shofiir, dan infitah
22. Huruf Zayy sifatnya Jahr, Shofiir,
Istghal, Ishmat, Rokhwah, dan infitah
23. Huruf Dzhoo’ sifatnya Ishmat,
Ithbaq, Isti’la’, Jahr, dan Rokhwah
24. Huruf Dzal sifatnya Istifal, Jahr,
Infitah, Rokhwah, Ishmat
25. Huruf Tsaa’ sifatnya Hams, Infitah,
Rokhwah, Ishmat, Istifal,
26. Huruf Fa’ sifatnya Infitah, Istifal,
Rokhwah, Dzulqu, Hams.
27. Huruf Waw sifatnya Jahr, Ishmat,
Istifal, Infitah, Rokhwah, Liin
28. Huruf Ba’ sifatnya Infitah,
Syiddah, Istifal, Dzulq, Jahr, dan Qalqalah
29. Huruf Miim sifatnya Istifal, jahr,
Tawassuth, Infitah, dan Dzulq.
30. Telah
selesai nadzam ini, telah saya selesaikan pada hari Sabtu.
7. Glosarium
D
Dżulq Sifat huruf hijaiyyah yang ringan pengucapannya.
H
Hams Sifat huruf hijaiyyah yang tidak kuat penekanannya
serta dikeluarkan
sambil bernafas.
I
Infitāḥ Sifat huruf hijaiyyah yang terlepas
antara lidah dan langit-langit yang tepat diatasnya.
Iṣmāt Sifat huruf hijaiyyah yang
tertahan pengucapannya.
Istifāl Sifat huruf hijaiyyah
yang pengucapannya diturunkan
kelangit-langit yang terbawah dan
merupakan kebalikan dari Isti’lā.
Isti’lā Sifat huruf hijaiyyah yang
pengucapannya dinaikkan
kelangit-langit yang tertinggi.
Iṭbāq Sifat huruf hijaiyyah yang terkurung
antara lidah dan langit-langit yang tepat diatasnya.
J
Jahr Sifat huruf hijaiyyah yang
pengucapannya kuat disertai penekanan.
L
Līnun Sifat huruf hijaiyyah yang
lunak.
R
Rakhwun Sifat huruf hijaiyyah yang
terbebas pengucapannya.
S
Shofiir Sifat huruf hijaiyyah yang
pengucapannya dengan suara
berdesir dan kuat dari antara dua bibir mulut.
Syiddah Sifat huruf hijaiyyah yang
pengucapannya terkurung
dengan kuat ketika dimatikan.
T
Tawassuth Sifat huruf hijaiyyah yang berada di tengah-tengah antara syiddah dan
rakhwun.
DAFTAR PUSTAKA
Departemen
Agama Republik Indonesia. Al-Qur’an Dan Terjemahannya (Mushaf An-Nahdian),
Jakarta : Hati Emas, 2014.
Supriadi,
Dedi. Aplikasi Metode Penelitian Filologi (Terhadap Pustaka Pesantren),
Bandung: Pustaka Rahmat, 2011.
Suryani, Elis.
Filologi, Bandung: Fakultas Sastra Universitas Padjadjaran, 2005.
Munawwir,
Ahmad Warson. Al Munawwir, Surabaya: Pustaka Progressif, 1997.
الغلاييني, مصطفى. جامع الدّروس
العربيّة, بيروت: المكتبة العصرية. 1989.
ضيف, شوقى. الأدب العربي المعاصر في مصر, القاهرة: دار المعارف,
1961.
قدور, أحمد مححود. مبادئ
اللسانيات, دمشق: دار الفكر, 2008.
Dewasa ini,
banyak fenomena-fenomena kehidupan yang mengarahkan seseorang untuk meneliti
lebih lanjut mengenai kebudayaan. Dengan kata lain, kebudayaan pada hakikatnya
mempunyai pengaruh besar terhadap gejala-gejala sosial yang terjadi di sekitar
kita. Dalam setiap persoalan, kebudayaan seringkali ditinjau secara khusus demi
tercapainya suatu kesimpulan atau solusi. Tak jarang pula kebudayaan dinyatakan
sebagai latar belakang ataupun objek dari persoalan tersebut.
Kebudayaan merupakan cerminan dari suatu bangsa. Segala
gagasan, pemikiran, serta ide-ide kebudayaan tersebut terangkum melalui adat
istiadat, kepercayaan, keilmuan, serta bahasa bangsa tersebut.
Filologi
berusaha mengungkapkan hasil budaya suatu bangsa melalui kajian bahasa dari
peninggalan dalam bentuk tulisan yang tertuang dalam naskah-naskah.
Naskah merupakan hasil tulisan tangan yang menyimpan
berbagai ungkapan pikiran dan perasaan sebagai hasil budaya bangsa masa lampau
(Baried, 1985: 54). Naskah merupakan semua bahan tulisan tangan peninggalan
nenek moyang kita pada kertas, lontar, kulit kayu, dan rotan (Djamaris,
2002:3). Diantara naskah-naskah tersebut terdapat naskah Tarkiiban yang
merupakan objek kajian penelitian ini.
Naskah
Tarkiiban yang diperoleh dari pondok pesantren Miftahul Anwar cukup menarik
untuk diteliti. Naskah ini merupakan catatan dari penulisnya, yakni K.H. Muhtar
bin H. Syadzili. Di dalamnya terdapat tulisan-tulisan mengenai
berbagai bidang keilmuan. Naskah ini di pandang perlu untuk di lakukan analisis
filologi terhadapnya.
Proses awal yang akan disajikan adalah
identifikasi naskah yang bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai naskah
ini. Setelah itu, akan dilakukan proses penyuntingan dengan mengacu pada
beberapa keilmuan kebahasaan seperti Nahwu dan Sharaf. Dilanjutkan dengan transliterasi
mengingat naskah ini dalam bahasa Arab. Kemudian proses penerjemahan sekaligus
kajian isi naskah, sehingga naskah Tarkiiban ini bisa dipahami oleh berbagai
kalangan.
2. Deskripsi Naskah
a. Judul : Tarkiiban
b. Tempat
penyimpanan : Pondok Pesantren Miftahul Anwar, Tasikmalaya
c. Asal naskah :Pondok Pesantren Miftahul Anwar Cikembang, Desa Mekarjaya,
Kecamatan Padakembang, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia
d. Keadaan naskah :
Pada umumnya naskah cukup jelas dan dapat dibaca dengan baik, namun beberapa
lembar terlepas dari bundelnya, serta ada beberapa bagian yang dimakan
serangga, sehingga sulit dibaca secara keseluruhan.
e. Ukuran naskah : 33,5 cm X 20,5 cm
f. Penomoran
Halaman : Tidak ada penomoran
halaman
g. Jenis aksara : Bahasa Arab dan pegon dengan menggunakan tinta hitam, biru, dan merah,
juga pensil.
h. Bahan
naskah : Kertas cetak dalam negeri
i. Umur naskah : Tidak diketahui
j. Umur teks : Diperkirakan sekitar 80 tahun, berdasarkan salah satu catatan
yang menyatakan ditulis pada tahun 1934 M.
k. Nama
Penulis : K.H. Muhtar bin H. Syadzili
l. Garis besar isi :
Naskah ini disajikan dalam bentuk kalimat narasi dan Nadzaman. Dibagi ke dalam
delapan pembahasan yang meliputi:
a. Ilmu Mantiq “Sulamul
munawaraq” ; 6 halaman
lebih
b.
Ilmu Balaghah “Matnu as-samarqondi”; 2 halaman
c. Ilmu Tajwiid “Nihayah
Qoulul Mufiid”; 3 halaman
d.
Ilmu Farooidl ; 6 halaman lebih +
keterangan l halaman
e.
Ilmu Tajwiid “Tuhfatul
athfal” ; 6 halaman lebih
f.
Kumpulan do’a ; 3 halaman
lebih
g.
Ushul fiqh ; 2 halaman
h.
Qosidah al burdah ; 12 halaman.
3. Edisi Teks
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
الحَمْدُ لِلّهِ رَبِّ
الْعَالَمِيْنَ وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الْمُرْسَلِيْنَ سَيُّدنَا
مُحَمَّدٍ وَعَلَى أَلِهِ[1]
وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ[2],
أَمَّا[3]
بَعْدُ. فَهَذِهِ[4]
الرِّسَالَةُ[5]
فِى بَيَانِ عِلْمِ التَّجْوِيْدِ لِصَلَاحِيَّةِ قِرَاءَةِ[6]
الْقُرْآنِ[7]
الْمَجِيْدِ, نُقِلَتْ مِنْ بَعْضِ كُتُبِ الْعُلَمَاءِ الْجَامِعَةِ لِلْمُحَامِدِ
يَعْنِى مِنْ كِتَابِ نِهَايَةِ قَوْلِ الْمُفِيْدِ "مَنْظُوْمَةٌ[8]
بِبَحْرِ الرَّجَجِ" فَصْلٌ فِى بَيَاتِ تَوْزِيْعِ الصِّفَاتِ عَلَى مَوْصُوْفَاتِهَا
مُرَتَّبَةً عَلَى تَرْتِيْبِ مَخَارِجِهَا وَفِى ذِكْرِمَا يَتَعَلَّقُ بِكُلِّ حَرْفٍ
مِنَ التَّجْوِيْدِ مَنْظُوْمَةٌ بِبَحْرِ الرَّجَجِ.
لِلْهَمْزِ جَهْرٌ وَاسْتِفَالٌ ثَبَّتَا ≠ فَتْحٌ وَشِدَّةٌ وَصُمْتٌ يَا فَتَى
لِلْغَيْنِ الْاِسْتِعْلَا
وَصُمْتٌ اِنْفَتَحْ ≠ وَرَخْوَةٌ كَذَاكَ جَهْرٌ قَدْ وَضَحْ
لِلسِّينِ رَخْوٌ ثُمَّ صُمْتٌ سَفَلَتْ ≠
هَمْسٌ صَغِيْرٌ يَا فَتَى وَانْفَتَحَتْ
لِلْفَاءِ فَتْحٌ اِسْتِفَالٌ قَدْ
رُسِمْ ≠ رَخْوٌ وَذَلْقٌ ثُمَّ هَمْسٌ قَدْ وُسِمْ
لِلْبَاءِ فَتْحٌ شِدَّةٌ تَسَفَّلَ ≠
ذِلَاقَةٌ جَهْرٌ كَذَا تَقَلْقَلَ
4. Aparat Kritik
No
|
Tertulis
|
Edisi
|
1
|
اَلِهِ
|
أَلِهِ
|
2
|
اَجْمَعِيْنَ
|
أَجْمَعِيْنَ
|
3
|
اَمَّا
|
أَمَّا
|
4
|
فَهَدِهِ
|
فَهَذِهِ
|
5
|
الرِّسَالَهُ
|
الرِّسَالَةُ
|
6
|
قِرَائَةِ
|
قِرَاءَةِ
|
7
|
الْقُرْاَنِ
|
الْقُرْآنِ
|
8
|
مَتْظُوْمَةٌ
|
مَنْظُوْمَةٌ
|
9
|
اِصْمَاتٌ
|
إِصْمَاتٌ
|
10
|
اِسْتِفَالٌ
|
إِسْتِفَالٌ
|
11
|
اَتَى
|
أَتَى
|
12
|
أِعْلَمَا
|
إِعْلَمَا
|
13
|
أِفْهَمَا
|
إِفْهَمَا
|
14
|
اشْتِرَاكُ
|
اشْتِرَاكٌ
|
15
|
اِدْرَاكُ
|
اِدْرَاكٌ
|
16
|
اَتَى
|
أَتَى
|
17
|
أِصْمَاتُ
|
إِصْمَاتُ
|
18
|
أِصْمَاتٌ
|
إِصْمَاتٌ
|
19
|
اَتَى
|
أَتَى
|
20
|
صُمْتُ
|
صُمْتٌ
|
21
|
انْفِتَاحٌ
|
اِنْفِتَاحٌ
|
22
|
مَعْ
|
مَعَ
|
23
|
مَعْ
|
مَعَ
|
24
|
أِصْمَاتٌ
|
إِصْمَاتٌ
|
25
|
أِصْمَاتٌ
|
إِصْمَاتٌ
|
26
|
اِطَالَةٌ
|
إِطَالَةٌ
|
27
|
وَاِطْبَاقٌ
|
وَإِطْبَاقٌ
|
28
|
مَعُ
|
مَعَ
|
29
|
مَعْ
|
مَعَ
|
30
|
وَاِسْتِفَالٌ
|
وَاسْتِفَالٌ
|
31
|
لِلطَّا
|
لِلطَّاءِ
|
32
|
لِلدَّاْلِ
|
لِلدَّالِ
|
33
|
أِصْمَاتٌ
|
إِصْمَاتٌ
|
34
|
صُمْتُ
|
صُمْتٌ
|
35
|
أِطْبَقَا
|
إِطْبَقَا
|
36
|
لِلزَّاىِ
|
لِلزَّايِ
|
37
|
مَعْ
|
مَعَ
|
38
|
أِصْمَاتٌ
|
إِطْبَاقٍ
|
39
|
مَعْ
|
مَعَ
|
40
|
أِصْمَاتٌ
|
إِصْمَاتٌ
|
41
|
اَتَى
|
أَتَى
|
42
|
أِصْمَاتٍ
|
إِصْمَاتٍ
|
43
|
مَعْ
|
مَعَ
|
44
|
اِذْلَاقٌ
|
إِذْلَاقٌ
|
45
|
كَتْبَهُ
|
كَتَبَهُ
|
46
|
اَيَّامِ
|
أَيَّامٍ
|
5.
Alih Aksara (Tansliterasi)
Transliterasi ini mengacu pada pedoman transliterasi hasil keputusan bersama Menteri Agama dan Mendikbud No. 158
Tahun 1987 – No. 0543 b/n/ 1987. Tertuang pada Mushaf An-Nahdian terbitan
Maret 2014 yang berada di bawah
pengawasan pimpinan pusat
Jam’iyyatul Qura’ Nahdlotul Ulama.
Bismillāhir rahmānir rahīm
Alḥamdu lillāhi rabbil ʿālamīn
waṣ ṣalātu ‘alā asyrafil anbiyā'i walmursalīn wa ‘alā ālihī wa ṣahbihī ajma’īn,
ammā ba’du. Fahāżihīr risālatu fī bayāni ‘ilmit tajwīdi liṣalāhiyyati qirā'til
qur'ānil majīd, nuqilat min ba’ḍi kutibal ‘ulamā'il jāmi’ati lilmuḥāmidi ya’nī
min kitābi nihāyati qaulil mufīdi “manẓūmatu bibaḥrir rajji” faslun fī bayāti
tauzī’iṣ ṣifāti ‘alā mauṣūfātihā murattabatan ‘alā tartībi makḥārijihā wa fī
żikrimā yata’allaqu bikulli ḥarfin minat tajwīdi manẓūmati bibaḥrir rijji.
Lilhamzi jahrin wastifālun
ṣabbatā ≠ fatḥun
wasyiddatun waṣmtun yā fatā
lillihā'il istifālu ma’a
fatḥin każā ≠ hamsun
warakhwun ṡumma iṣmātun khużā
lil’aini jahrun ṡumma wasṭun
ḥashalā ≠ fatḥun iṣtifālun ṡumma
ṣumtun nuqilā
lilḥā'i shumtun rakhwatun
wa hamsun atā ≠ walinfitāhul istifālu
yā fatā
lilgainil isti’lā wa
sumtun infataḥ ≠ wa
rakhwatun każāka jahrun qad waḍah
lilkhā'il isti’lā wa fatḥun
I’lmā ≠ rakhwun wa ṣumtun
ṡumma hamsun ifhamā
wa aḥrufil maddi
lahsytirākun ≠ fī
khamsi auṣāfin lahā idrākun
rakhwatun jahrun wa fatḥun
qad atā ≠ iṣmātu kullun was
tifālun ṡabbatā
lilqāfi iṣmātun wa jahrun
qalqalā ≠ wasyiddatun
fatḥun wa ‘ulwun fa’qilā
lilkāfi ṣumtun syiddatun
hamsun atā ≠ wal infitāḥul
istifālu yā fatā
liljīmi jahrun
syiddatunwaqalqalah ≠ ṣumtun
infitāḥun wastifālun faṣgi lah
lissyīni hamsun ma’a tafassyī
mustafil ≠ ṣumtun wa rakhwun ṡumma
fatḥun qad nuqil
lilyā'il istifaālu ma’a
fathin każā ≠ jahrun
wa rakhwun ṡumma iṣmātun khużā
liḍḍādi iṣmātun ma’asti’lā
jahar ≠ iṭālatun
rakhwun wa iṭbāqun syahrun
lillāmil istifālu ma’a wasṭin
fataḥ ≠ jahrun wal inḥirāfu
ważżulqu waḍah
linnūnil istifālu ma’a
jahri ‘urif ≠ wasṭun
wal infitāḥu waḍḍalqu wuṣifa
lirrā'i żalqun wan ḥirāfun
kurrirat ≠ fatḥun wa
jahrun wastifālun wasaṭat
liṭā'in ṭibāqun jahrun
isti’lā wara' ≠ qalqalatun ṣumtun wasyiddatun ta’ad
liddāli iṣmātun wajahrun
qalqalah ≠wasyiddatun fatḥun
wasaflun fa’qilah
littā'i syiddatun każāka
hamsun ≠ ṣumtun
fitāhun wastifālun khumsun
liṣṣādi isti’lā wa hamsun
iṭbāqā ≠ rakhwun ṣagīrun
ṡumma ṣumtun haqqaqā
lissīni rakhwun ṣumma ṣumtun
safalat ≠ hamsun ṣagīrun yā
fatā wan fataḥat
lizzāyi jahrun ma’a ṣagīrin
mustapil ≠ ṣumtun wa
rakhwun ṡumma fatḥun qad nuqil
liẓā'i ṣumtun ma’a iṭbāqin
‘urif ≠ ‘ulwun wa
jahrun ṡumma rakhwun qad wusif
liżālil istifālu ma’a
jahrin każā ≠ fatḥun wa
rakhwun ṡumma iṣmātun khużā
liṡā'i hamsun wanfitāhun
qad atā ≠ rakhawatun ṣumtun
istifālun yā fatā
lilfā'i fathun istifālun
qad rusim ≠ rakhwun
wa żalqun ṡumma hamsun qad wusim
lilwāwi jahrun ma’a iṣmātin
safal ≠ fatḥun wa
rakhwun ṡumma līnun qad ḥaṣal
lilbā'i fathun syiddatun
tasaffala ≠ żilāqatun
jahrun każā taqalqala
lilmīmil istifālu ma’a
jahrin każā ≠ wasṭun
wa fatḥun ṡumma iżlāqun khużā
wa qad tamamtu lihażān niẓāmi
≠ katabahu yaums
sabti min ayyāmin
6. Analisis Kandungan
Teks
Secara
garis besar naskah ini merupakan naskah yang menjelaskan suatu disiplin ilmu,
yaitu ilmu tajwid, dengan kegunaan untuk memperbaiki dan memperindah bacaan
al-Qur’an. Naskah
yang ditulis dengan tulisan tangan ini diambil dari beberapa kitab-kitab para
ulama yang terkumupul dalam kitab “Nihayatu
Qaulil Mufied”. Naskah ini ditulis berbentuk nadzom yang memiliki bahr,
adapun bahr yang digunakan ialah bahr “Rojaz”.
Lebih tepatnya naskah ini menjelaskan
bab klasifikasi sifat-sifat huruf yang disusun
berurutan sesuai
tempat keluarnya bunyi huruf tersebut. Naskah tersebut ditulis dengan 30 bait.
Adapun penjelasan tiap baitnya ialah sebagai berikut :
1. Huruf Hamzah itu berupa Jahr, Istifal
tetapkanlah # Juga Infitah. Syiddah, Ishmat perhatikanlah!
2. Huruf Ha’ shifatnya Istifal,
Infitah # Hams, Rokhwah, juga Ishmat
3. Bagi ‘Ain shifatnya jahr,
tawassuth, infitah, Istifal, dan Ishmat
4. Huruf kha memiliki sifat Ishmat,
Rokhwah, Hams, Infitah. Istifal
5. Huruf Ghain memiliki sifat Istifal shifatnya
jahr, , infitah, dan Ishmat
6. Huruf Kho’ shifatnya Hams, infitah,
Istifal, dan Ishmat
7. Huruf mad itu memiliki lima
sifat, yaitu rokhwah, jahr, infitah,
Ishmat, dan Istifal
8. Huruf Qaf shifatnya jahr, infitah,
Qalqalah, Ishmat, Syiddah, Isti’la
9. Huruf Kaf shifatnya Ishmat,
Syiddah, Hams, Infitah, Istifal
10. Huruf Jim sifatnya Jahr, Syiddah,
Qolqolah, Ishmat, Infitah, dan Istifal
11. Huruf Syin sifatnya Hams, Tafassyi,
Istifal, Ishmat, Rokhwah, dan Infitah
12. Huruf Ya’ sifatnya Istifal,
Infitah, Jahr, Rokhwah, dan Ishmat
13. Huruf Dlaadl sifarnya IShmat,
Isti’la’, jahr, Ithbaq, Itholah, Rokhwah
14. Huruf Lam sifatnya Istifal,
Tawassuth, Infitah, Jahr, Inhiraf, Dzulq
15. Huruf Nuun sifatnya Istifal, Jahr,
Tawassuth, Infitah, Dzulq
16. Huruf Ro’ sifatnya Dzulq, Inhiraf,
Infitah, Jahr, Istifal, dan Tawassuth
17. Huruf Tho’ sifatnya Intibaq, jahr,
Qolqolah,Isti’la, Syiddah, Ishmat, dan
Istifal
18. Huruf Dal sifatnya Ishmat, Jahr,
Qolqolah, Infitah, Istifal
19. Huruf ta’ sifatnya Syiddah, Hams,
Ishmat, Infitah, Istifal
20. Huruf Shaad sifatnya Isti’la’,
Hams. Ithbaq, Rokhwah Shofiir, dan Ishmat
21. Huruf Siin sifatnya Ishmat,
Rokhwah, Hams, Shofiir, dan infitah
22. Huruf Zayy sifatnya Jahr, Shofiir,
Istghal, Ishmat, Rokhwah, dan infitah
23. Huruf Dzhoo’ sifatnya Ishmat,
Ithbaq, Isti’la’, Jahr, dan Rokhwah
24. Huruf Dzal sifatnya Istifal, Jahr,
Infitah, Rokhwah, Ishmat
25. Huruf Tsaa’ sifatnya Hams, Infitah,
Rokhwah, Ishmat, Istifal,
26. Huruf Fa’ sifatnya Infitah, Istifal,
Rokhwah, Dzulqu, Hams.
27. Huruf Waw sifatnya Jahr, Ishmat,
Istifal, Infitah, Rokhwah, Liin
28. Huruf Ba’ sifatnya Infitah,
Syiddah, Istifal, Dzulq, Jahr, dan Qalqalah
29. Huruf Miim sifatnya Istifal, jahr,
Tawassuth, Infitah, dan Dzulq.
30. Telah
selesai nadzam ini, telah saya selesaikan pada hari Sabtu.
7. Glosarium
D
Dżulq Sifat huruf hijaiyyah yang ringan pengucapannya.
H
Hams Sifat huruf hijaiyyah yang tidak kuat penekanannya
serta dikeluarkan
sambil bernafas.
I
Infitāḥ Sifat huruf hijaiyyah yang terlepas
antara lidah dan langit-langit yang tepat diatasnya.
Iṣmāt Sifat huruf hijaiyyah yang
tertahan pengucapannya.
Istifāl Sifat huruf hijaiyyah
yang pengucapannya diturunkan
kelangit-langit yang terbawah dan
merupakan kebalikan dari Isti’lā.
Isti’lā Sifat huruf hijaiyyah yang
pengucapannya dinaikkan
kelangit-langit yang tertinggi.
Iṭbāq Sifat huruf hijaiyyah yang terkurung
antara lidah dan langit-langit yang tepat diatasnya.
J
Jahr Sifat huruf hijaiyyah yang
pengucapannya kuat disertai penekanan.
L
Līnun Sifat huruf hijaiyyah yang
lunak.
R
Rakhwun Sifat huruf hijaiyyah yang
terbebas pengucapannya.
S
Shofiir Sifat huruf hijaiyyah yang
pengucapannya dengan suara
berdesir dan kuat dari antara dua bibir mulut.
Syiddah Sifat huruf hijaiyyah yang
pengucapannya terkurung
dengan kuat ketika dimatikan.
T
Tawassuth Sifat huruf hijaiyyah yang berada di tengah-tengah antara syiddah dan
rakhwun.
DAFTAR PUSTAKA
Departemen
Agama Republik Indonesia. Al-Qur’an Dan Terjemahannya (Mushaf An-Nahdian),
Jakarta : Hati Emas, 2014.
Supriadi,
Dedi. Aplikasi Metode Penelitian Filologi (Terhadap Pustaka Pesantren),
Bandung: Pustaka Rahmat, 2011.
Suryani, Elis.
Filologi, Bandung: Fakultas Sastra Universitas Padjadjaran, 2005.
Munawwir,
Ahmad Warson. Al Munawwir, Surabaya: Pustaka Progressif, 1997.
الغلاييني, مصطفى. جامع الدّروس
العربيّة, بيروت: المكتبة العصرية. 1989.
ضيف, شوقى. الأدب العربي المعاصر في مصر, القاهرة: دار المعارف,
1961.
قدور, أحمد مححود. مبادئ
اللسانيات, دمشق: دار الفكر, 2008.
Komentar
Posting Komentar